S I L AB U S
PELAJARAN :
SENI BUDAYA
KELAS :
VIII ( Delapan )
ALOKASI WAKTU : 2 JAM
PELAJARAN / MINGGU
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
|
KI 4 :
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
SENI RUPA
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Penekanan Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik
dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan
4.1
Menggambar
menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
·
Unsur,
prinsip, teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan
·
Pembuatan
gambar model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
|
·
Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model
·
Menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip,
teknik dan media
·
Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model
·
Mempresentasikan
karya-karya yang
dikerjakan
|
Sikap
· Observasi tentang perilaku peserta didik dalam hal kerjasama,
kedisipilan, kebersihan, penuh perhatian dalam menggambar flora, fauna, dan
alam.
Pengetahuan:
· Penugasan
membuat ringkasan tentang prosedur menggambar
flora, fauna dan benda alam
Keterampilan:
· Projek
Membuat
gambar flora, fauna dan benda alam
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
·
4x jp
·
6xjp
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
3.2 Memahami prosedur menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.2 Menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital
|
·
Gambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
·
Pembuatan gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
·
Mengamati gambar ilustrasi dengan beragam teknik melalui media cetak dan elektronik
·
Menggambar ilustrasi dengan teknik manual/digital
·
Membandingkan
gambar ilustrasi berdasarkan
ide cerita dan teknik berkaryanya
·
Mempresentasikan dan menunjukkan hasil gambar ilustrasi
dalam bentuk pameran
|
Sikap
· Observasi tentang perilaku peserta didik dalam hal kerjasama,
kedisipilan, kebersihan, penuh perhatian dalam menggambar flora, fauna, dan
alam.
Pengetahuan:
· Penugasan
membuat ringkasan tentang
prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
Keterampilan:
· Projek
Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
·
4xjp
·
6xjp
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
SENI MUSIK
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Penekanan Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1.Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
4.1.Menyanyikan lagu-lagu
daerah yang sesuai dengan teknik,
gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan
|
●Lagu daerah
(setempat atau daerah lain)
· Teknik menyanyi Lagu Daerah
|
· Menyanyikan lagu daerah setempat dengan bimbingan guru
· Mengidentifikasi makna dan keunikan lagu daerah
setempat.
· Mengamati dan mengidentifikasi penyajian beberapa lagu
daerah lain
· Menyimpulkan hubungan antara keunikan lagu daerah yang
telah dipelajari dengan masyarakat pendukungnya
· Mengekspresikan lagu daerah sesuai makna lagunya
· Mempresentasikan kesimpulan tentang teknik dan gaya menyanyi lagu
daerah
|
Sikap
· Observasi tentang perilaku peserta didik dalam hal kerjasama,
kedisipilan, kebersihan, penuh perhatian dalam menggambar flora, fauna, dan
alam.
Pengetahuan:
· Penugasan
membuat ringkasan tentang
prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
Keterampilan:
· Projek
Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 4xjp
· 6xjp
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
3.2Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih
secara berkelompok
4.2Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara
berkelompok
|
● Lagu daerah dalam dua suara
atau lebih
·
Teknik menyanyikan lagu daerah dengan dua suara
|
• Mengidentifikasi
karakteristik pembagian suara dalam lagu daerah (setempat atau daerah lain)
yang diperdengarkan/ditayangkan/disajikan.
•Menyanyikan lagu daerah (setempat atau daerah lain)
dalam dua bagian suara atau lebih
• Menyimpulkan pengetahuan tentang teknik menyanyikan lagu daerah dalam dua suara
atau lebih secara berkelompok.
|
Sikap
· Observasi tentang perilaku peserta didik dalam hal kerjasama,
kedisipilan, kebersihan, penuh perhatian dalam menggambar flora, fauna, dan
alam.
Pengetahuan:
· Penugasan
membuat ringkasan tentang
prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
Keterampilan:
· Projek
Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
|
·
4xjp
·
4xjp
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku lain yang relevan
· Informasi
melalui internet
· Pameran
karya seni rupa
|
Mengetahui Sidoarjo,15 Juli
2019 Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran SMP YPM 1 Taman
Dra. Hj.Indah Murfidah Siti Aminah, S.Pd NIP. 19611111 198603 2008
0 comments:
Posting Komentar
Bijaklah dalam menulis komentar