SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)
MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA
KELAS 7
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
Kompetensi Inti pada kelas VII, VIII, IX
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
|
KI 1 :
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 :
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
|
KI 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
KI 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
KI
2 :
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong,
kerjasama, cinta damai dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
|
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI
3 :
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang
tampak mata.
|
KI 3 :
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
|
KI 4:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
KI 4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
KI
4 :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat dan mencipta) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
KELAS 7
PELAJARAN SENI RUPA
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Penekanan Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
·
Unsur, prinsip, teknik dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan alam benda
·
Pembuatan gambar flora, fauna, dan
alam benda :berupa hewan-hewan laut
|
· Mengamati
unsur, prinsip, teknik dan prosedur
menggambar flora, fauna, dan alam benda
· Mencari
dan menggali informasi tentang materi menggambar flora, fauna, dan alam benda
· Mengolah
informasi dan membuat kesimpulan dari hasil diskusi tentang materi flora, fauna, dan alam benda
·
Menggambar flora, fauna, dan alam benda
·
Mempresentasikan hasil gambar
secara tulis dan lisan
|
· Sikap
· Observasi
terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a.
Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
b.
Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan
alam benda
Keterampilan
Produk
:
Menggambar
dengan obyek
hewan-hewan
laut
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 10
x JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
·
|
|
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam
hias
|
·
Prinsip, dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan geometrik
·
Pembuatan
gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias
|
·
Mengamati unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar
gunahan flora, fauna, dan geometrik
·
Mendiskusikan dan Mendeskripsikan proses dan hasil
menggambar ragam hias gubahan
·
Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometris
·
Memecahkan masalah dan membuat kesimpulan tentang menggambar gubahan flora, fauna, dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias
·
Mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna
dan geometrik di kelas
|
· Sikap
·
Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti
kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a.
Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
b.
Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan
alam benda serta geometrik
Keterampilan
Produk
:
Menggambar dengan
obyek
Flora, fauna dan geometrik
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 10 x
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.3 Memahami prosedur
penerapan ragam hias pada bahan buatan
4.3 Membuat karya
dengan berbagai motif ragam hias pada
bahan buatan
|
·
Penerapan ragam hias pada bahan buatan
·
Pembuatan motif
ragam hias pada bahan buatan
|
·
Mengamati dan mengklasifikasi prosedur penerapan
ragam hias pada bahan buatan.
·
Menggali informasi tentang prosedur penerapan ragam
hias pada bahan buatan.
·
Mendiskusikan prosedur penerapkan ragam hias pada bahan buatan
·
Merancang dan mempresentasikan prosedur
penerapan ragam hias pada bahan buatan.
·
Membuat karya dua dan tiga dimensi dengan bahan buatan
menggunakan motif ragam hias
·
Mempresentasikan hasil gambar
secara tulis dan lisan
|
· Sikap
· Observasi
terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a.
Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
b.
Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan
alam benda
Keterampilan
Produk
:
Menggambar
dengan obyek
hewan-hewan
laut
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
·
|
· 8 x
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.4 Memahami prosedur
penerapan ragam hias pada bahan alam
4.4
Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam
|
·
Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam
·
Pembuatan
karya dengan menerapkan berbagai motif
ragam hias pada bahan alam
|
·
Mengamati dan mendeskripsikan ragam hias pada bahan alam
·
Menerapkan dan mendeskripsikan unsur dan prinsip seni
dalam menggambar ragam hias pada bahan alam
·
Membuat karya ragam hias pada bahan alam
·
Mempresentasikan
secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias
pada bahan alam
|
· Sikap
· Observasi
terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a.
Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya
seni rupa dua dimensi
b.
Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan
alam benda
Keterampilan
Produk
:
Menggambar
dengan obyek
hewan-hewan
laut
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 8 x
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
Mengetahui Sidoarjo,15 Juli 2019
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
SMP YPM I TAMAN
Dra.Hj.Indah
Murfidah
Siti Aminah, S.Pd
NIP. 19611111 198603 2008
KELAS 7
PELAJARAN SENI MUSIK
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Penekanan Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.1. Memahami konsep dasar
bernyanyi satu suara secara berkelompok
dalam bentuk unisono
4.1Menyanyikan lagu dengan satu
suara secara berkelompok dalambentuk unisono
|
·
Konsep dasar bernyanyi
satu suara (unisono) secara
berkelompok
·
Teknik bernyanyi satu suara secara berkelompok
|
·
Menyaksikan/menyimak sajian lagu satu suara oleh kelompok
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri bernyanyi satu suara secara berkelompok
·
Mempresentasikan hasil
pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi satu suara (unisono) secara
berkelompok dan menyimpulkan konsep bernyanyi secara unisono.
·
Berlatih menyanyikan
lagu satu suara (unisono) secara berkelompok
·
Menilai penampilan
kelompok dalam menyanyikan lagu satu suara.
|
· Sikap
· Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep dasar bernyanyi satu suara secara
berkelmpok.
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna,
dan alam benda
Keterampilan
Produk :
·
Bernyanyi 1 suara secara pribadi
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 8 x JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.2. Memahami dasar bernyanyi
dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua
suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
|
●
Konsep dasar bernyanyi dalam dua suara atau
lebih secara berkelompok
·
Teknik bernyanyi dengan
dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
|
·
Mengamati
penyajian lagu dua suara atau lebih secara berkelompok
·
Mengidentifikasi ciri-ciri bernyanyi dua suara atau
lebih secara berkelompok
·
Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri
bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan konsep
bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok
·
Setiap
kelompok suara berlatih menyanyikan lagu sesuai jalur suara masing-masing
·
Memadukan
hasil latihan kelompok suara
·
Menyajikan
hasil berlatih menyanyikan lagu dua suara atau lebih secara berkelompok
·
Menilai
penyajian grup vokal
|
· Sikap
· Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep dasar bernyanyi satu suara secara
berkelmpok.
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna,
dan alam benda
Keterampilan
Produk :
Bernyanyi 1 suara secara kelompok
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 8 x JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.3. Memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana
secara perorangan
4.3 Memainkan alat musik sederhana secara perorangan
|
●
konsep dasar permainan alat
musik sederhana secara perorangan
·
Teknik memainkan alat musik sederhana secara perorangan
|
• Mengungkapkan
ciri alat musik serta cara memainkan alat musik berdasarkan pengetahuan yang
dimiliki siswa
• Memanfaatkan
benda di lingkungan sekitar sebagai alat musik sederhana
·
Mengeksplorasi hubungan antara teknik memainkan dan
bunyi yang dihasilkan alat musik sederhana
·
Mempresentasikan hasil kegiatan eksplorasi
• Berlatih
memainkan alat musik sederhana secara perorangan (menggunakan karya siswa
atau karya musik yang disiapkan guru)
·
Menilai
penampilan bermain alat musik sederhana secara perorangan.
|
· Sikap
· Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep dasar permainan alat musik sederhana secara
perorangan.
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai Teknik memainkan
alat musik sederhana
Keterampilan
Produk :
Memainkan alat musik sederhana
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 8 x JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
|
3.4. Memahami konsep dasar ansambel musik
4.4. Memainkan ansambel musik sejenis
dan campuran
|
● Musik ansambel sejenis dan campuran
·
Teknik memainkan
ansambel musik sejenis dan campuran
|
• Mengamati
pertunjukan musik ansambel sejenis dan
campuran
• Mengidentifikasi perbedaan permainan musik ansambel sejenis
dan campuran
• Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang konsep
dasar ansambel, ansambel sejenis dan
ansambel campuran.
·
Bermain ansambel
sejenis
·
Bermain ansambel campuran
·
Menilai permainan ansambel sejenis dan ansambel
campuran
|
· Sikap
· Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
· Pengetahuan
a. a. Tes tertulis mengenai konsep dasar permainan alat musik sederhana
secara perorangan.
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai Teknik
memainkan alat musik sederhana
Keterampilan
Produk :
Memainkan alat musik sederhana
|
·
jujur
·
disiplin
·
sopan
·
gotong royong
·
kerjasama
|
· 8 x JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku lain yang relevan
·
Informasi melalui internet
·
Pameran karya seni rupa
|
Mengetahui Sidoarjo,15 Juli 2019
Kepala Sekolah
Guru
Mata Pelajaran
SMP YPM I TAMAN
Dra.Hj.Indah
Murfidah Siti Aminah, S.Pd
NIP. 19611111 198603 2008

0 comments:
Posting Komentar
Bijaklah dalam menulis komentar