Just another free Blogger theme

Jumat, 17 April 2020






SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)





MATA PELAJARAN :
SENI BUDAYA
KELAS 7





KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016




Kompetensi Inti pada kelas VII, VIII, IX

Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
KI 1  : 
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 1 :  
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 2       :  
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 2  :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 3  : 
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 3  :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4: 
Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI  4      :  
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI 4  :
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat  dan mencipta)  dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.






KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN  PEMBELAJARAN
        KELAS 7
PELAJARAN SENI RUPA

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Penekanan Karakter
Alokasi Waktu
Sumber Belajar






4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
·      Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
















·      Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda :berupa hewan-hewan laut
·  Mengamati unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
·  Mencari dan menggali  informasi tentang materi menggambar flora, fauna, dan alam benda
·  Mengolah informasi dan membuat kesimpulan dari hasil diskusi tentang materi flora, fauna, dan alam benda
·   Menggambar flora, fauna, dan alam benda
·   Mempresentasikan hasil gambar secara tulis dan lisan
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda

Keterampilan
Produk :
Menggambar dengan obyek
hewan-hewan laut

·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  10 x  JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa
·   
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias



4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
·  Prinsip,  dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan geometrik










·  Pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometrik menjadi ragam hias

·    Mengamati unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gunahan flora, fauna, dan geometrik
·    Mendiskusikan dan Mendeskripsikan proses dan hasil menggambar ragam hias gubahan
·    Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometris
·    Memecahkan masalah dan membuat kesimpulan tentang   menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
·    Mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas

·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda serta geometrik

Keterampilan
Produk :
Menggambar dengan obyek
Flora, fauna dan geometrik

·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  10 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa

3.3   Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan












4.3   Membuat karya dengan  berbagai motif ragam hias pada bahan buatan

·   Penerapan ragam hias pada bahan buatan

















·   Pembuatan motif ragam hias pada bahan buatan
·         Mengamati dan mengklasifikasi prosedur   penerapan  ragam hias pada bahan buatan.
·         Menggali informasi tentang prosedur penerapan ragam hias  pada bahan buatan.
·         Mendiskusikan prosedur penerapkan  ragam hias pada bahan buatan
·         Merancang dan mempresentasikan prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan.
·         Membuat karya dua dan tiga dimensi dengan bahan buatan menggunakan motif ragam hias
·         Mempresentasikan hasil gambar secara tulis dan lisan
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda

Keterampilan
Produk :
Menggambar dengan obyek
hewan-hewan laut

·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama
·   
·  8 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa

3.4   Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam







4.4   Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada  bahan alam

·   Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam











·   Pembuatan karya dengan menerapkan  berbagai motif ragam hias pada bahan alam
·         Mengamati dan mendeskripsikan ragam hias pada bahan alam
·         Menerapkan dan mendeskripsikan unsur dan prinsip seni dalam menggambar ragam hias pada bahan alam
·         Membuat karya ragam hias pada bahan alam
·         Mempresentasikan  secara lisan dan tertulis hasil kajian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a. Tes tertulis mengenai konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi
b. Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda

Keterampilan
Produk :
Menggambar dengan obyek
hewan-hewan laut

·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  8 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa


Mengetahui                                                                                                        Sidoarjo,15 Juli 2019
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran
SMP YPM I TAMAN
           



Dra.Hj.Indah Murfidah                                                                           Siti Aminah,  S.Pd
NIP. 19611111 198603 2008


KELAS 7
PELAJARAN SENI MUSIK

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Penekanan Karakter
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1. Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok  dalam bentuk unisono



4.1Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalambentuk unisono
·      Konsep dasar bernyanyi satu     suara (unisono) secara berkelompok




·     Teknik bernyanyi satu  suara secara berkelompok
·        Menyaksikan/menyimak  sajian lagu satu suara  oleh kelompok
·        Mengidentifikasi ciri-ciri bernyanyi satu suara secara berkelompok
·        Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi satu suara (unisono) secara berkelompok dan menyimpulkan konsep bernyanyi secara unisono.
·        Berlatih menyanyikan lagu satu suara (unisono) secara berkelompok
·        Menilai penampilan kelompok dalam menyanyikan lagu satu suara.
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a.       Tes tertulis mengenai konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelmpok.
b.      Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda

Keterampilan
Produk :
·         Bernyanyi 1 suara secara pribadi
·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  8 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa

3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok





4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal

  Konsep dasar bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok





·      Teknik bernyanyi dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
·         Mengamati  penyajian lagu dua suara atau lebih secara berkelompok
·         Mengidentifikasi ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok
·         Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok
·         Setiap kelompok suara berlatih menyanyikan lagu sesuai jalur suara masing-masing
·         Memadukan hasil latihan kelompok suara
·         Menyajikan hasil berlatih menyanyikan lagu dua suara atau lebih secara berkelompok
·         Menilai penyajian grup vokal
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a.       Tes tertulis mengenai konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelmpok.
b.      Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai gambar flora, fauna, dan alam benda

Keterampilan
Produk :
Bernyanyi 1 suara secara kelompok
·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  8  x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa

3.3. Memahami  konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan





4.3  Memainkan alat musik sederhana secara perorangan
   konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan




·           Teknik memainkan alat musik sederhana secara perorangan
   Mengungkapkan ciri alat musik serta cara memainkan alat musik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki siswa
   Memanfaatkan benda di lingkungan sekitar sebagai alat musik sederhana
·     Mengeksplorasi hubungan antara teknik memainkan dan bunyi yang dihasilkan alat musik sederhana
·     Mempresentasikan hasil kegiatan eksplorasi
   Berlatih memainkan alat musik sederhana secara perorangan (menggunakan karya siswa atau karya musik yang disiapkan guru)
·     Menilai penampilan bermain alat musik sederhana secara perorangan.
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a.       Tes tertulis mengenai konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan.
b.     Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai Teknik memainkan alat musik sederhana
Keterampilan
Produk :
Memainkan alat musik sederhana
·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  8 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa

3.4.  Memahami konsep dasar ansambel musik





4.4.  Memainkan ansambel musik sejenis dan campuran
 Musik ansambel sejenis dan campuran





·      Teknik memainkan ansambel musik sejenis dan campuran
   Mengamati pertunjukan  musik ansambel sejenis dan campuran
   Mengidentifikasi  perbedaan permainan musik ansambel sejenis dan campuran
   Memaparkan  kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar ansambel, ansambel sejenis  dan ansambel campuran.
·     Bermain  ansambel sejenis
·     Bermain ansambel campuran
·     Menilai permainan ansambel sejenis dan ansambel campuran
·  Sikap
·  Observasi terhadap sikap siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran
·  Pengetahuan
a.       a. Tes tertulis mengenai konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan.
b.     Penugasan membuat laporan hasil diskusi mengenai Teknik memainkan alat musik sederhana
Keterampilan
Produk :
Memainkan alat musik sederhana


·         jujur
·         disiplin
·         sopan
·         gotong royong
·         kerjasama

·  8 x JP
·   Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VII
·   Buku-buku lain yang relevan
· Informasi melalui internet
· Pameran karya seni rupa







Mengetahui                                                                              Sidoarjo,15 Juli 2019
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
SMP YPM I TAMAN
           



Dra.Hj.Indah Murfidah                                                         Siti Aminah,  S.Pd
NIP. 19611111 198603 2008







Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar

Bijaklah dalam menulis komentar